We travel, We learn, We sketch: Jembatan Paling Nyeni Se-Indonesia, Belum Ada Tandingannya

Senin, 28 April 2014

Jembatan Paling Nyeni Se-Indonesia, Belum Ada Tandingannya



Kenapa Aku bilang nyeni? Hal itu karena bentuknya yang meliuk-liuk dan belum pernah kulihat jembatan 'se-nyeni' ini di tempat lain di Indonesia. Jembatan di Indonesia tuh kan biasanya lurus-lurus aja, gak ada nyeni-nyeninya. Terletak di Kabupaten Limapuluh Koto, Sumatera Barat, memiliki panjang 2,7 km, menghabiskan dana 600 milyar untuk membangunnya, selama 10 tahun (2003-2013). 


Sebenarnya Jalur ini dibuat untuk menggantikan jalur lama di dekatnya yang telah dibuat pada zaman kolonialisme Belanda dahulu, yang seiring perkembangan sudah tidak dapat lagi mengakomodir mobilitas penduduk. Mengapa dinamakan kelok sembilan? Menurut penduduk sana hal ini karena konon di jalur lama terdapat 9 kelokan, sedangkan yang sekarang hanya terdapat 6 kelokan. Kini, Jalur Kelok Sembilan Baru menggantikan peran Yang Lama, setelah 1 abad lamanya sejak Kelok Sembilan Lama dibuat, dan jalur ini tetap diapit oleh jurang-jurang nan tinggi, jajaran Bukit Barisan yang membentang megah dari arah utara ke selatan Pulau Sumatera.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar